I'll destroy your mind We're Watching You ▲

About Me

Rabu, 03 Oktober 2012

Ampuh !! Belajar Gitar Sambil Tidur Bagi Para Pemula

       Belajar gitar bisa dilakukan kapan saja. Ya, tanpa terkecuali bahkan saat kamu sedang tidur. Kok bisa?
Sebuah penelitian di Universitas Northwestern menunjukkan bahwa stimulasi selama sedang tidur dapat meningkatkan kemampuan seseorang yang sedang belajar musik, atau mempelajari sebuah lagu untuk dimainkan pada alat musik tertentu (misalnya gitar).
Dari penelitian itu, kita hubungkan saja dengan gitar ya..
       Ternyata otak kita merespon suara lagu yang sengaja kita putar saat tidur. Belajar gitar dengan cara sambil tidur ini pun dapat diterapkan dengan tujuan untuk mempertajam insting bermain gitar. Cara ini dapat membangkitkan alam bawah sadar yang pada saat keadaan sadar nanti akan muncul kemampuan untuk mengambil kembali apa yang tersimpan diotak kita. Jadi belajar gitar dengan cara ini juga dapat membantu otak kita menyimpan lebih banyak nada, lebih banyak kunci gitar, dan mempertajam musikalitas kita.
       Ada cerita dari seorang David Albert (keyboard - NOAH Band) yang menciptkan lagu Separuh Aku bersama Ihsan Nurrachman. Dia menceritakan proses menciptakan lagu Separuh Aku yang mengalami kebuntuan saat mencari nada-nada dan lirik pada bagian refrain. Dan dia memilih tidur sementara Ihsan masih utak-atik lagu itu. Tidak disangka saat tidur dia bermimpi tentang nada-nada dan lirik refrain lagu tersebut. Begitu bangun tidur pun dia langsung menghampiri Ihsan dan menceritakan apa yang dia dapat selama tidur tadi. Akhirnya jadilah lagu Separuh Aku yang kamu dengar akhir-akhir ini.
Inilah salah satu bukti bagaimana tidur dapat membangkitkan alam bawah sadar kita terhadap apa yang pernah kita pelajari tentang musik dan lirik. Pada saat tidur dan bermimpi itu alam bawah sadar aktif membangkitkan memori tentang apa yang pernah dia pelajari tentang musik dan lirik.
          Kalau kamu sedang belajar gitar pun dapat memaksimalkan kemampuan dengan metode belajar gitar sambil tidur ini. Caranya, pelajari terlebih dahulu lagu atau kunci, nada, semua yang kamu ingin kuasai. Agar menjadi sempurna proses belajar kamu, manfaatkan waktu tidur siang kamu dengan memutar kembali apa yang sedang kamu pelajari. Dengan begitu apa yang belum begitu kamu kuasai akan menjadi lebih baik, dan apa yang sudah kamu pelajari akan tersimpan dalam memori kamu dalam jangka waktu yang panjang.
Ini memang sedang pada tahap penelitian, tapi bisa segera kamu terapkan. Apa ruginya tidur sambil putar lagu, toh tanpa disadari nantinya kamu akan berproses lebih cepat menjadi gitaris handal. Dan semua orang yang melihat aksi gitarmu akhirnya bilang WOW..!! Padahal kamu belajar gitar sambil tidur, dan orang mungkin tidak akan percaya itu. Hehe..
Tidurlah dan jadilah SLASH..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar